Total Tayangan Halaman

tissa zone

.

ღ٩(●̮̮̃•̃)۶ღ

Sabtu, 17 Juli 2010

Pueraria phaseoloides < kacang ruji, krandang (Jawa), fuo banga (Ternate) >

DESKRIPSI

Terna bertahunan berakar dalam yang memanjat, membelit, batang berambut. Akar agak berumbi. Batang utama berdiameter sekitar 6 mm, dan dapat mencapai panjang 4.5-10 m, batang akan berakar pada bukunya bila menyentuh tanah basah, batang samping akan bercabang dari buku. Pucuk muda ditutupi dengan rambut-rambut coklat. Daun lebar, berdaun tiga, penumpu bersegi tiga hingga bundar telur dengan ukuran 4-11 mm x 2-3 mm, berbulu; panjang tangkai daun 3-11 cm, berambut. Daun teratas simetris, menyegitiga atau bundar telur, berukuran 2-20 cm x 2-16 cm, tipis, pangkalnya membaji lebar atau agak mengetupat dan bercuping sangat dangkal. Daun samping menyerong berukuran (4-)6-7(-14) cm x (3-)6-7(-12) cm, pada permukaan atas berambut tipis, berwarna hijau keabuan dan permukaan bawah berbulu padat. Perbungaan tandan tak bercabang di ketiak dengan panjang 10-46 cm, berbulu, panjang tangkai bunga sekitar 13 cm; panjang bunga 10-23 mm, berwarna lembayung muda hingga ungu tua, berpasangan. Buah polong lurus atau sedikit melengkung, berbentuk menggalah atau silindris padat dengan ukuran 4-12.5 cm x 3-5 mm, dilapisi tipis dengan rambut-rambut keras dan rapat. Polong berwarna hitam bila matang berisi 10-20 biji. Biji berbentuk silindris hingga mengubus dengan sudut membulat, berukuran sekitar 3 mm x 2 mm, berwarna coklat hingga hitam kecoklatan.

DISTRIBUSI

Asal dan persebaran geografis kacang ruji yaitu dari daerah dataran rendah di Asia Timur dan Asia Tenggara, banyak tumbuh di pinggir sungai, tepi jalan, lahan kosong dan hutan sekunder muda. Kacang ini telah diperkenalkan ke daerah tropis lainnya dan kini dibudidayakan dan dinaturalisasikan di seluruh daerah tropis basah.

HABITAT

Kacang ruji sangat cocok pada dataran rendah tropis yang lembab dengan ketinggian hingga 1000 m dengan curah hujan tahunan lebih dari 1500 mm. Dalam sebuah percobaan dibawah kondisi terkontrol, diketahui temperatur optimum adalah 32/24°C (siang/malam) and material hasil akan tereduksi 35% pada perubahan temperatur 26/15°C. Beberapa laporan menyatakan bahwa kacang ruji memiliki tanggapan terhadap fotoperiode responses. Di Puerto Rico (garis lintang 18°N), waktu perbungaan dan pembentukan biji terjadi pada periode hari pendek dari Januari hingga Maret, sehingga diduga bahwa kacang ruji merupakan tumbuhan berhari pendek. Di Papua New Guinea dan Afrika, kacang ruji hanya dapat membentuk biji pada kondisi kering.; Bila dibandingkan dengan jenis polong lain, kacang ruji memiliki peringkat tinggi sebagai tanaman yang tahan terhdap naungan. Ketika ditanam dibawah 50% naungan di perkebunan kelapa di Kepulauan Solomon, kacang ruji merupakan jenis polong yang paling produktif dan walaupun ditekan oleh adanya rerumputan. Hal ini yang menyebabkan kacang ruji tepat untuk sistem produksi yang terintegrasi antara perkebunan dan peternakan. Dibawah naungan lebih dari 50%, kacang ruji tetap produktif, tapi apabila dalam perpaduan kacang ini akan memberikan kesempatan pada jenis lain seperti centro (Centrosema pubescens) atau desmodium (Desmodium heterocarpon (L.) DC. ssp. ovalifolium (Prain) Ohashi).; Kacang ruji tahan pada tempat yang sangat basah dan air yang berlebih. Kacang ini menyukai tanah keras dan dapat tumbuh baik pada tanam asam tetapi tidak tahan pada kekurangan Mg dan S dan membutuhkan Ca dan P sedang hingga rendah, tapi tanggap terhadap penambahan pupuk. Pada tanah oksisol dan ultisol Pueraria phaseoloides juga membutuhkan pupuk K and Mg. kacang ini tidak tahan terhadap kadar garam.

PERBANYAKAN

Perbanyakan kacang ruji biasanya diperoleh dari biji. Sifat proporsi bijinya keras, sehingga perkecambahan dapat dibantu dengan air panas, asam atau bantuan mekanis. Secara komersial biji yang ada sering dipecahkan dengan mengikis kulit biji dalam drum hexagonal, yang dibungkus dengan kertas pasir dan diputar dengan kecepatan 7.5 rpm selama 24 hours.; Kacang ruji biasanya berbintil dengan rhizobia yang berasal dari kacang tunggak setempat tapi diinokulasi dengan galur dari Bradyrhizobium, seperti pada RRIM 768 di Malaysia, yang direkomendasikan untuk daerah baru. Benih biasanya ditaburkan atau ditanam dalam baris dengan jarak 1 m. Benih ini juga dapat ditanam dengan menebarkan pada padang rumput yang telah ada jika padang rumput tersebut telah diratakan atau dibakar sebelum digunakan. Ketika biji jarang, perbanyakan kacang ruji dapat dilakukan secara vegetatif, disarankan untuk menanam dua potongan yang telah berakar dengan panjang masing-masing 0.7-1 m, pada setiap titik dengan jarak 1-2 m. Di Afrika, kacang ruji diperoleh dengan membersihkan gulma secara selektif yang tumbuh alami setelah pembersihan lahan. Campuran benih standar untuk penutup tanaman adalah dengan perbandingan 5:4:1 untuk calopogonium, centro dan kacang ruji atau perbandingan 4:1 campuran centro dan kacang ruji. Rata-rata benih yang diperlukan untuk campuran ini adalah 5-10 kg/ha yang ditanam diantara deret pohon dalam perkebunan karet atau kelapa sawit.

MANFAAT

Kacang ruji merupakan tanaman penutup baik yang dimakan ternak atau pun tidak yang sangat penting ditanam di perkebunan karet, kelapa sawit dan kelapa di Asia Tenggara, Afrika dan Amerika Tropis. Di Afrika Timur, tanaman ini ditanam sebagai tanaman penutup di perkebunan sisal (Agave sisalana Perrine). Di Asia Tenggara, Amerika tropis dan Australia tanaman ini juga digunakan sebagai makanan ternak. Kemampuannya untuk menahan gulma membuat tanaman ini menjadi tanaman pionir yang sering ditanam dan dikombinasikan dengan jenis permanen lain. Tanaman ini ditanam pada daerah miring untuk mengontrol erosi tanah dan digilir dengan tanaman tahunan sebagai pupuk hijau.; Umbi akarnya dapat dimakan. Serat batangnya yang kuat digunakan untuk membuat tali. Di Malesia, tanaman ini secara tradisional digunakan untuk mengobati bisul dan borok. Kacang ruji mungkin tetap menjadi tanaman penutup yang ditanam paling banyak di seluruh kawasan tropis terutama di perkebunan pohon. Gambaran utamnya sebagai polong untuk makanan hewan adalah pertumbuhan awal yang cepat pada lahan subur dan palatabilitasnya yang tinggi. Peningkatan terutama perlu diarahkan pada peningkatan ketahanannya dalam penggembalaan ternak.

SUMBER: Prohati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar