Total Tayangan Halaman

tissa zone

.

ღ٩(●̮̮̃•̃)۶ღ

Jumat, 09 Juli 2010

RUMPUT BENGGALA

Nama latin
Panicum maximum Jacq.
Diskripsi tanaman
Spesies tanaman yang bervariasi, berumpun dengan lepas atau padat, berizoma pendek, tegak atau merunduk, berakar pada buku-buku bawah. Helai daun linier sampai lanceolate menyempit. Panicle terbuka.
Karena variasi agronomis, spesies ini diperlakukan menjadi 2 tipe:
Tipe Tinggi/sedang (TS) - berumpun, mencapai tinggi >1,5 m dengan bunga;
Tipe Pendek (P) - berumpun, mencapai tinggi <1,5 m dengan bunga.
Penggunaan/pemanfaatan
Padang gembala jangka panjang bila kesuburan tanah tetap dipelihara. Ideal untuk potong angkut, meskipun tipe kasar mungkin menyebabkan tidak nyaman bagi pemotongnya. Daya tahan naungan sedang. Cukup palatable (disukai) ketika tua dan digunakan untuk membuat hay.
Ekologi
Persyaratan tanah
P. maximum tumbuh pada hampir semua jenis tanah asal mendapat pengairan yang baik, basah dan subur. Beberapa varitas dapat tumbuh pada tanah yang kesuburan rendah dan pengairan buruk. Spesies tanaman ini umumnya tidak tahan genangan air atau salinitas (garam).
Air
Varitas tinggi/sedang hampir semuanya tumbuh pada daerah dengan curah hujan tahunan lebih dari 1000 mm, sedangkan varitas pendek ditanam pada daerah dengan curah hujan 800 mm atau kurang. Daya tahan kekeringan diantara varitas berbeda-beda, meskipun umumnya tanaman ini tidak tahan musim kering lebih dari 4-5 bulan.
Suhu
Tumbuh dari daerah permukaan laut sampai >2000 m dpl. Varitas pendek tahan terhadap suhu lebih dingin dibanding varitas yang tinggi/sedang, menghasilkan pertumbuhan awal musim yang baik. Varitas tinggi/sedang biasanya menghasilkan hampir seluruh pertumbuhan pada pertengahan musim yang hangat.
Cahaya
Tumbuh dengan baik pada penyinaran matahari penuh tepai telah dilaporkan tumbuh lebih baik pada 30% naungan, meskipun produksi berkurang sampai separuh pada 50% naungan.
Perkembangan reproduksi
Pembungaan bervariasi diantara kultivar, beberapa menghasilkan pembungaan tunggal sementara lainnya mungkin berbunga 2-3 kali.
Penggembalaan/pemotongan
Top
Tidak tahan terhadap pemotongan rendah berkali-kali. Untuk pemeliharaan jangka panjang, varitas Tinggi/sedang seharusnya tidak dipotong atau digembalai dibawah 30 cm, dan seharusnya dipotong atau digembalai dengan interval (selang waktu) 4 minggu untuk memperoleh hasil dengan imbangan kualitas dan kuantitas terbaik. Varitas pendek dapat digembalai lebih rendah, tetapi tetap lebih baik dibawah pemotongan dan penggembalaan yang dikelola dengan baik.
Agronomi
Petunjuk untuk penanaman dan pengelolaan rumput unggul
Penanaman
Biji pada beberapa tipe mungkin tidak mencapai germinasi maksimum sampai paling kurang 18 bulan setelah panen, sementara yang lain mungkin butuh hanya beberapa bulan. Dormansi dapat diatasi dengan menghilangkan pembungkus biji (glume) dari biji segar. Biji dapat disebar dengan jumlah 2-3 kg/ha, dank arena biji yang kecil, harus ditanam dengan dalam tidak lebih dari 1 cm. Penggilingan tanah setelah semai meningkatkan germinasi dan tumbuhnya tanaman. P. maximum juga dapat ditanam ddengan anakan (atau dengan stek pada varitas yang tebal berbatang) ditanam 0,5-0,6 m dalam baris dengan jarak tanam 1,25-1,5 m, atau paling dekat 40 cm dalam pola segi tiga jika diperlukan penutupan tanah yang lebih cepat.
Spesies pasangan
Rumput: Chloris gayana .
Legume: Centrosema pubescens , Pueraria phaseoloides , Macroptilium atropurpureum , Neonotonia wightii , Stylosanthes guianensis, S. capitata, S. macrocephala , Leucaena leucocephala .
Varitas pendek, yang sering ditanam pada tanah dengan keasaman rendah pada lingkungan subtropis dengan curah hujan lebih rendah, mungkin ditanam bersama Clitoria ternatea , Desmanthus leptophyllus , D. virgatus , dan Medicago sativa .
Nilai pakan
Nilai nutrisi
Top
IVDMD dari 64% (pertumbuhan kembali 2 minggu) sampai 50% (pertumbuhan kembali 8 minggu). PK dari 6-25% tergantung pada umur dan suplai N.
Palatabilitas/kesukaan
P. maximum disukai oleh ternak gembala, terutama dengan tingginya konsumsi terhadap daun muda. Juga digunakan sebagai pakan ikan di Vietnam.
Potensi produksi
Bahan kering
Biasanya (10-) 20-30 (-60) ton/ha BK, tergantung pada varitas dan kondisi pertumbuhan (terutama jika diberikan pupuk N tinggi).
Produksi ternak
Dapat mencapai sampai 0.8 kg/ekor/hari kenaikan berat badan dan sampai 1,200 kg/ha/tahun kenaikan berat badan (umumnya 300-500 kg/ha/tahun kenaikan berat badan) tergantung terutama pada tingkat penggembalaan dan tingkat pemberian pupuk N.
Produksi biji
Top
Terbaik pada lingkungan dengan panjang hari lebih panjang dan musim kering yang jelas. Biji masak tidak bersamaan, dan dilepas ketika masak. Sekitar 200 kg/ha dengan panen sapu bersih, meskipun telah dilaporkan hasil panen biji yang lebih tinggi.
Keunggulan
• Daun banyak.
• Pakan kualitas tinggi.
• Potensi produksi tinggi.
• Disukai ternak.
• Cocok untuk gembala dan potong.
• Tahan kekeringan.
• Tumbuh diawal musim pada beberapa varitas.
Keterbatasan
• Memerlukan tanah subur.
• Tidak tahan penggenangan air.
• Tidak tahan penggembalaan berat.
• Menjadi berbatang bila tidak dipotong atau tidak sering digembalai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar