Total Tayangan Halaman

tissa zone

.

ღ٩(●̮̮̃•̃)۶ღ

Minggu, 08 Juli 2012

IUCN (International Union for Conservation of Nature)


IUCN adalah: daftar kategori dan kriteria yang bertujuan untuk mempermudah dan memperluas sistem klasifikasi spesies yang memiliki resiko tinggi terjadinya kepunahan secara global.


EXTINCT (EX)*PUNAH *
Suatu takson dikatakan Extinct ketika tidakada keraguan lagi bahwa individu terakhir telah meninggal. Takson diduga punah bila tidak ditemukan individu di habitat dan musim nya saat dilakukan survey. Survey dilakukan dalam waktu yang tepat dalam siklus hidup dan bentuk kehidupan.

EXTINCT IN THE WILD (EW)
Ketika individu ditemukan hanya untuk bertahan hidup di pembudidayaan, di penangkaran atau populasi naturalisasi yang berada diluar jangkauan masa lalu.

CRITICALLY ENDANGERED (CR) *KRITIS TERANCAM*
Ketika terbukti memenuhi kriteria kritis, dianggap menghadapi risiko kepunahan sangat tinggi di alam liar.

ENDANGERED (EN) *TERANCAM*
Ketika terbukti memenuhi kriteria spesies yang terancam, dianggap menghadapi risiko kepunahan sangat tinggi di alam liar.


VULNERABLE (VU) *RENTAN*
Ketika terbukti memenuhi kriteria rentan, dianggap menghadapi risiko kepunahan sangat tinggi di alam liar.

NEAR THREATENED (NT) *DEKAT TERANCAM*
Ketika di evaluasi tidak memenuhi syarat kritis,spesies terancam atau rentan sekarang, tapi dekat dengan kualifikasi untuk atau mungkin memenuhi syarat untuk kategori terancam di masadepan.

LEAST CONCERN (LC) *SEDIKIT PERHATIAN*
Ketika telah dievaluasi terhadap kriteria dan tidak memenuhi syarat untuk kritis, spesies terancam, rentan atau hampir terancam.Takson yang termasuk dalam kategori ini luas dan berlimpah

DATA DEFICIENT (DD) *DATA KURANG*
Kekurangan data baik informasi langsung/tidak langsung, penilaian resiko kepunahan didasarkan pada statusnya distribusi dan/ atau populasi tidak memadai. Takson dalam kategori ini mungkin baik dipelajari, dan di biologi  terkenal, tapi data yang sesuai pada kelimpahan dan/atau distribusi kurang. Data kurang adalah karena tidak ada kategori ancaman. Daftar takson dalam kategori ini menunjukkan bahwa informasi lebih lanjut diperlukan dan kemungkinan bahwa penelitian masa depan akan menunjukkan klasifikasi tersebut terancam.

NOT EVALUATED (NE) *TIDAK DIEVALUASI*
Takson tidak di evaluasi karena belum memenuhi kriteria.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar