Total Tayangan Halaman

tissa zone

.

ღ٩(●̮̮̃•̃)۶ღ

Sabtu, 05 Januari 2013

Fakta tentang telur


Telur merupakan makanan terbaik setelah susu

Semua makanan mengandung protein tinggi atau rendah dalam 100 gramnya tergantung kadar airnya. Artinya, mengonsumsi susu sebanyak 100 cc dibanding telur ayam 100 gram, tentu saja nilai gizinya lebih baik telur ayam. Ini karena susu lebih banyak mengandung kadar air (85%) daripada telur. Sebagai gambaran, susu mengandung protein sekitar 3% sedangkan telur sekitar 12%. Padahal harga 100 cc susu relatif jauh lebih mahal daripada 100 gram telur. Karena itu telur merupakan sumber protein hewani yang terbaik sekaligus termurah.
Cukup banyak orangtua yang tak membolehkan anaknya mengonsumsi telur setiap hari. Mereka khawatir gara-gara hobi makan telur, kadar kolesterol dalam daraj anaknya meningkat secara drastis dan menimbulkan gangguan atau penyakit serius. Pandangan ini tentu saja keliru, apalagi jika diterapkan pada anak-anak Indonesia. Pasalnya, pola makan mayoritas anak Indonesia masih kuran baik karena jarang minum susu, sementara makan daging pun belum tentu seminggu sekali.
Disamping itu, kandungan total kolesterol dalam sebutir telur masih dibawah kebutuhan kolesterol per hari, yaitu 200 mg. Kandungan ini masih dapat ditoleransi karena tubuh manusia membutuhkan kolesterol antara 1000-1500 mg. Kolesterol ini diperlukan untuk memproduksi vitamin D dan getah lambung, melindungi sel syaraf serta menghasilkan berbagai hormon. Kalau seseorang mengonsumsi 2 butir telur sehari baru memperoleh kolesterol sebanyak 400 mg, sedangkan penderita sakit jantung masih diperbolehkan mengonsumsi kolesterol sampai 200-300 mg atau setara sebutir telur ayam sehari. Jadi konsumsi telur tidak menunjukkan peningkatan kolesterol (USDA Research Service, 2004). Nah, kalau telur pun dijauhi juga maka sangat mungkin kekurangan gizi bakal menjadi masalah serius bagi generasi penerus. Oleh sebab itu, tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi telur setiap hari.

Telur merupakan kondisioner yang baik

Kondisioner memang ada kaitannya dengan protein dan zinc seperti yang banyak diiklankan oleh banyak produk shampo. Kurangnya asupan protein akan memunculkan gangguan dan aneka masalah rambut, dari rambut rontok, bercabang, kemerah-merahan, mudah patah dan sebagainya. Tidak heran bila orang yang melakukan diet ketat dengan membatasi asupan lemak dan protein, rambutnya jadi gampang rontok. Karena itu, konsumsilah telur supaya rambut sehat dan kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar