Total Tayangan Halaman

tissa zone

.

ღ٩(●̮̮̃•̃)۶ღ

Sabtu, 05 Januari 2013

TRANSGENIK HEWAN


Kemajuan dalam bidang genetik memunculkan adanya bioteknologi pada hewan, salah satunya transgenik. Transgenik merupakan substansi yang telah mengalami modifikasi secara genetik. Produk transgenik telah diubah atau dimodifikasi sifat-sifat ilmiahnya (GMO/ Genetically modified organism). Transgenik digunakan untuk penelitian pada hewan yang bisa diterapkan untuk penanganan penyakit pada manusia, perbaikan hewan dan pembuatan antigen. Beberapa contoh hewan transgenik diantaranya yaitu:


BABI TRANSGENIK

Babi biasanya mengeluarkan kotoran yang mengandung polusi, sehingga limbah air yang dihasilkan membawa banyak penyakit. Transgenik babi dilakukan agar babi dapat menyerap fosfor sehingga limbah air yang dihasilkan seperti air yang lain.



IKAN TRANSGENIK

Ikan transgenik memiliki sifat tumbuh yang cepat. Hal tersebut diperoleh dari gen yang baik yang diinsersikan pada ikan lain.



KAMBING TRANSGENIK


Kambing jantan dimasukkan gen laba-laba (silk gene) kedalam tubuhnya. Apabila kambing jantan tersebut dikawinkan, dan menghasilkan kambing betina, maka anak betina nya dapat menghasilkan silk gene. Susu yang dihasilkan oleh kambing dengan silk gene dapat dibuat pakaian anti peluru.



DOMBA TRANSGENIK

Domba Tracy yang dihasilkan pada tahun 1997 dimasuki alpha-1-antitrypsin (AAT) dapat digunakan untuk terapi penyakit emphysema dan cystic fibrosis. AAT tersebut terdapat pada susu, sehingga bagi penderita penyakit tersebut hanya perlu meminum susu yang dihasilkan.



SAPI PERAH TRANGENIK

Sapi perah transgenik dapat menghasilkan gen dengan produksi casein lebih dari 13%. Produksi susu dengan casein yang tinggi diharapkan dapat digunakan untuk pembuatan keju dengan kualitas yang lebih baik.


PRIMATA TRANSGENIK

Primata transgenik pertama bernama Andi lahir pada tahun 2000. Andi dapat bersinar (berpendar) pada tempat gelap karena memiliki Gen Foregn Phosphor (GFP).



KELINCI TRANSGENIK

Kelinci hasil transgenik tahun 2000 yang bernama Alba juga dapat berpendar karena memiliki enhanced GFP (EGFP). 


Babi dan ikan juga dapat berpendar karena memiliki GFP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar