Total Tayangan Halaman

tissa zone

.

ღ٩(●̮̮̃•̃)۶ღ

Sabtu, 11 Juni 2011

tugas BI

SOAL DAN JAWABAN HALAMAN 134

1. Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang pidato? Jelaskan pula perbedaannya dengan ceramah, khotbah dan orasi!
Jawab:
Pidato adalah berpraktik bahasa dalam ragam lisan yang dilakukan oleh pembicara demi penyebarluasan informasi mengenai sesuatu hal kepada orang banyak atau pendengar.
Perbedaan antara pidato dengan ceramah, khotbah dan orasi adalah terletak pada ada tidaknya penciptaan teknik style dan holding. Penciptaan style berkaitan dengan gaya pengemasan materi bermedium bahasa, sedang penciptaan teknik houlding berkaitan dengan lagak personal pembicara yang ditampakkan secara ragawi sewaktu tampil didepan umum.

2. Kriteria pidato yang baik ditentukan oleh faktor internal dan eksternal. Jelaskan hal-hal yang berkaitan dengan kedua faktor tersebut!
Jawab:
Kriteria pidato yang baik ditentukan oleh faktor internal dan eksternal. Hal-hal yang berkaitan dengan kedua faktor tersebut yaitu:
a. Faktor Internal
Yaitu berkait secara langsung dengan penciptaan style (unsure kebahasaan) baik segi style grammar (keindahan) maupun dari segi kesantunan.kebenaran logika dan kebenaran tata bahasa juga harus diperhatikan. Kebenaran tata logika berkaitan dengan wawasan pengetahuan, sedang kebenaran tata bahasa berkaitan dengan pemahaman sistem atau kaidah bahasa.
b. Faktor Eksternal
Yaitu berkait dengan penciptaan houding (unsure non kebahasaan). Houding merupakan lagak, cara, tampilan, suara dan semacamnya yang ada pada diri pembiicara sewaktu berpidato dihadapan orang banyak.

3. Jelaskan bagaimana struktur teks pidato formal itu? Jelaskan pula isi masing-masing bagian struktur itu dengan singkat dan jelas!
Jawab:
a. Pembukaan
Berisi penghormatan dan sapaan yang ditujukan kepada pendengar. Pembukaan jangan terlalu singkat atau terlalu panjag dan bertele-tele sebab akan membuat pendengar merasa bosan.
b. Pengembangan (isi)
Pengembangan perlu dilakukan agar penyampaian materi tidak kaku. Pengembangan harus tetap berdasar pada garis-garis besar atau pokok-pokok materi supaya tidak melenceng. Penjabaran isi pokok pidato diperlukan pertimbangan contoh dan diselaraskan dengan kondisi social budaya pendengar.
c. Penutup
Bagian penutup diupayakan dibuat simpula bermanfaat sebagai pengingat dan penegas isi pokok pidato demi tujuan yang hendak dicapai. Menggunakan susunan kalimat yang mencerminkan kerendahan hati, sampaikan permohonan maaf atas kekurangan yang mungkin terjadi, ucapan terimakasih atas kesediaan dan kesabaran pendengar selama mengikuti pelaksanaan pidato.

4. Jelaskan bagaimana cara/teknis menulis naskah pidato yang digunakan untuk situasi formal!
Jawab:
a. Pertama, dalam bagian pengantar/pendahuluan tuliskan orientasi mengenai apa yang akan diuraikan dan usaha untuk menjelaskan tiap bagian itu. Bagian pengantar hendaknya ditulis secara proporsional.
b. Bagian materi uraian atau paragraph isi ditonjolkan bagian-bagian yang penting sebagaimana sudah dikemukakan pada awal orientasi. Tiap bagian ditonjolkan diikuti dengan penjelasan, ilustrasi atau keterangan-keterangan.
c. Akhir uraian menjelaskan simpulan dari seluruh uraian dengan tujuan agar pendengar memperoleh gambaran pokok-pokok materi.

5. Sebutkan empat cara menyampaikan pidato kemudian jelaskan tiap-tiap cara itu dengan singkat! Menurut Anda cara manakah yang paling baik dari keempat cara itu? Kemukakan alasannya!
Jawab:
a. Menyampaikan pidato ‘tanpa teks’ (improvisasi)
Yaitu pihak pembicara sewaktu berpidato cukup mengandalkan kemahiran berbicara.
b. Menyampaikan pidato ‘menghafal teks’
Yaitu pihak pembaca sebelum menyampaikan materi terlebih dahulu meghafal teks secara menyeluruh.
c. Menyampaikan pidato ‘membaca teks’
Yaitu pembicara hanya membaca apa yang terdapat pada teks, tapi harus dilandasi pemahaman isi teks dan konteks agar isi pidato tersampaikan dengan benar.
d. Menyampaikan pidato ‘membuat kisi-kisi teks’
Yaitu menyiapkan garis-garis besar materi. Pembicara harus memahami materi yang akan disampaikan.kisi-kisi teks hanya sekedar alat atau pedoman sekaligus pengingat atas urutan materi yang akan disampaikan.
-> Cara yang paling baik dari keempat cara tersebut yaitu menyampaikan pidato ‘membuat kisi-kisi teks’, karena dengan adanya garis-garis besar teks dapat membantu pembicara untuk mengingat-ingat materi pidato dan pembicara tidak hanya terpacu pada satu teks akan tetapi jjuga bisa berimprovisasi.

6. Jelaskan bagaimana cara menyunting teks pidato? Hal-hal apa sajakah yang harus dijadikan sasaran dalam penyuntingan teks pidato?
Jawab:
-> Cara menyunting teks pidato berlaku sebagaimaa penyuntingan pada naskah makalah atau artikel agar naskah pidato yang akan disampaikan lebih sempurna.
-> Hal-hal yang harus dijadikan sasaran dalam penyuntingan teks pidato yaitu:
a. Isi
Isi diperiksa secara cermat, apakah sudah sesuai dengan tujuan pidato, latarbelakang calon pendengar dan kegiatan yang akan dilaksanakan.
b. Bahasa
Memperhatikan pilihan kosa kata, kalimat dan isi paragraph. Ketepatan, keseksamaan dan kelaziman pilihan kosa kata, penyusunan kalimat dan paragraph secara baik dan benar menjadi perhatian utama dalam kegiatan penyuntingan.
c. Pernalaran
dilakukan utuk memastikan bahwa isi dalam naskah pidato sudah dikembangkan dengan menggunakan pernalaran yang tepat.

SOAL DAN JAWABAN HALAMAN 158-159

1. Jelaskan syarat-syarat surat yang baik!
Jawab:
Syarat-syarat surat yang baik yaitu:
a. Menggunakan bentuk surat yang standar, artinya penyusunan bagian-bagian surat harus tepat sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.
b. Menggunakan bahasa Indonesia baku, artinya bahasa dalam surat harus memperhatikan kaidah pemakaian ejaan, kaidah pilihan kata, dan kaidah penyusunan kalimat.
c. Menyataka isi surat dengan ringkas dan jelas agar penerima surat dapat memahami isi surat secara tepat.

2. Jelaskan lima macam fungsi surat!
Jawab:
Fungsi surat yaitu sebagai sarana komunikasi tertulis, wakil atau duta penulis, pedoman pelaksanaan tugas, alat atau bukti dokumen dan alat pengingat.

3. Sebutkan bagian-bagian surat dan jelaskan masing-masing fungsinya!
Jawab:
Bagian-bagian surat yaitu:
a. Kepala surat
Fungsinya untuk mengetahui nama dan alamat kantor, member informasi tentang organisasi atau perusahaan dan sebagai alat promosi bagi perusahaan.
b. Tanggal surat
Fungsinya untuk mempermudah penetapan waktu membalas surat, mempermudah pengaendaan dan sebagai referensi dan petunjuk bagi petugas administrasi.
c. Nomor surat
Fungsinya untuk memudahkan pengaturan dan pencairan apabila diperlukan kembali, mengetahui jumlah surat yang sudah dikeluarkan pada suatu organisasi dan perujukan sumber dalam hubungan surat-menyurat.
d. Lampiran
Fungsinya sebagai petunjuk mengenai ada tidaknya dokumen yang menyertai surat tersebut.
e. Hal atau perihal
Fungsinya yaitu menyimpulkan pokok isi surat atau intisari surat, memudahkan penerima mengetahui pokok permasalahan dan sebagai petunjuk bagi petugas admiistrasi.
f. Alamat tujuan
Fungsinya untuk mengetahui alamat tujuan atau penerima surat.
g. Salam pembuka
Fungsinya untuk memberi salam penghormatan terhadap penerima surat.
h. Isi surat
Fungsinya untuk menyampaikan semua ide-ide yang ingin disampaikan kepada penerima surat. Isi surat terdiri dari alinea pembuka, alinea isi dan alinea penutup.
i. Salam penutup
Fungsinya sebagai salam penghormatan terhadap penerima surat di akhir surat.
j. Pengirim surat
Fungsinya untuk mengetahui nama pengirim surat.
k. Tembusan
Fungsinya untuk mengetahui kepada siapa saja tembusan surat diberikan.

4. Mengapa pemilihan kata dalam surat harus memperhatikan kehalusan makna?
Jawab:
Dalam pemilihan kata dalam surat harus memperhatikan kehalusan makna karena bahasa surat harus harus bernilai halus dan santun untuk menghargai penerima surat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar